Rabu, 30 September 2015

Cara Cantik dan Awet Muda Secara Alami

Punya penampilan cantik dan awet muda adalah dambaan setiap orang. Awet muda, maksudnya ialah kondisi tubuh( fisik ) dan rohani kita tetap sehat dan bugar disetiap waktu dan tempat.

Proses penuaan pada seseorang mutlak terjadi. Tapi kita musti berusaha agar tetap tampil cantik dan bugar setiap saat.

Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk tetap tampil muda dan cantik. Seperti perawatan kulit dengan berbagai lulur , diet, rutin mengikuti senam kebugaran, bahkan ada yang melakukan operasi plastik.

Secara umum penyebab penuaan dini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal berupa radikal bebas, matinya sel dan imunitas.  Faktor kedua yaitu faktor eksternal mencakup gaya hidup dan keadaan lingkungan kita.

Setiap orang bisa melakukan berbegai cara untuk tetap cantik dan awet muda. Dan disini akan disampaikan beberapa tindakan penting yang dapat dilakukan untuk tetap cantik dan awet muda.

1. Mencegah Kulit Keriput

Untuk mencegah terjadinya kulit keriput, kita perlu mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kulit keriput :
A. Faktor Usia,    pada usia 20 tahun keatas akan mulai terjadi proses penuaan pada kulit, walaupun proses nya masih lambat.

B. Faktor Genetik,    yaiti faktor keturunan yang sedikit banyaknya akan mempengaruhi kulit manusia.

C. Kondisi Fisik dan Kesehatan,   ketika tubuh sedang sakit, aka n
berpengaruh pada kulit secara langsung. Akan jadi kusam dan tidak bercahaya.

D. Kebiasaan yang tidak Sehat,  Kondisi kesehatan kita  dan kulit kita sangat dipengaruhi oleh kebiasan kita sehari-hari. Misalnya
kebisaan merokok,  kurang tidur, kurang olah raga dan kurang bergerak,  malas cuci muka, pola makan tidak sehat.

E. Pengaruh Kebiasaan buruk , seperti: tertawa berlebihan, cemberut, minum dari sedotan, menganalisa diri sendiri, dll.

F. Kurang rawat diri, misalnya tidak memperhatikan untuk memakai tabir surya atau perawatan lainnya yang melindungi kulit dari sengatan matahari.

G. Hormon , hormon estrogen dalam tubuh saling berpengaruh terhadap produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit.

H. Pengaruh lingkungan,  contohnya sinar radiasi matahari, ruangan ber-AC, udara kotor berdebu dll.

2. Metode Modern Mengatasi Penuaan Dini

Banyak orang yang tergesa-gesa karena tergiur iming-iming  hasil yang cepat dalam melakukan terapi modern tanpa konsultasi lebih dulu kepada Dokter Ahli, akibatnya banyak yang mendapatkan masalah baru pada kulitnya. Adapun cara modern yang biasa dipakai adalah: Kosmetik, Terapi Ozon, Terapi arus mikro, Botox, Terapi lazer dan suntik vitamin.

3. Metode (TIPS ) Alami Cegah Penuaan Dini

a.   Vitamin untuk Kesehatan Kulit.
Pemberian vitamin yang cukup bagi tubuh kita melalui makanan sehari-hari merupakan  bagian penting dari usaha kita untuk melakukan perawatan kulit. Senyawa dalam vit. A dapat membantu produksi kolagen yang dapat mempertahankan kekenyalan dan elastisitas kulit. Vit. A di dapat dari; susu, hati, sayur bayam, wortel, kol, kuning telur, mangga, tomat,dll.

 Vitamin B dapat membantu melembabkan dan mempercantik kulit. Vitamin B berasal dari; biji-bijian beras dan gandum, sayuran hijau, daging sapi, dan hati sapi.

Vitamin C dapat mengeluarkan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Dapat menjadikan kulit lebih bersinar dan bersih.

Anti oksidan yang kuat pada vitamin E sangat membantu mengurangi efek buruk sinar matahari. Vitamin E juga membantu mengurangi keriput dan membuat kulit jadi halus.

b. Mamfaat Air putih bagi kesehatan kulit.

Air memiliki peran penting dalam kecantikan dan kehalusan kulit. Air dapat melindungi dan melenbabkan kulit. Kebutuhan manusia akan air putih berkisar antara 2 sampai 2,5 liter perhari.

c.  Cukup Tidur.

Tidur yang cukup memberikan pengaruh besar pada kesehatan tubuh dan memberikan efek awet mudah. Pada saat tidur lelap hormon diproduksi oleh tubuh yang membantu produksi kolagen untuk kulit halus dan bersih. Dengan pola tidur yang cukup dan tepat dapat menghasilkan kolagen secara alami.

d.Bangun  di Pagi Hari.

Bangun pagi terbukti memberi banyak mamfaat bagi kesehatan tubuh, kesehatan mental. Bangun pagi dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh, terhindar dari resiko penyakit, membuat suasana hati jadi tenang,  menambah motivasi, dlsb.

e. Mandi Pagi.

Mandi pagi sangat bagus bagi kesehatan kulit. Memberi rasa segar  semangat hidup. Mandi pagi dengan air dingin sangat penting bagi kekebalan tubuh yang tangguh. Mandi pagi juga menimbulakan rasa fresh tenang sehingga lebih semanat menjalankan aktivitas.

f. Pola Makan Teratur.

Jenis makana yang kita konsumsi setiap hari sangat berpengaruh pada kesehatan kita dan kesehatan kulit.

Ada beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi kesehatan, seperti; makanan/minuman yang mengandung gula tinggi, mengandung lemak tinggi. Dan biasanya hati terdapat pada makanan cepat saji/fastfood.

Jenis makanan/minuman yang sehat harus ditunjang juga oleh pola makan yang yang baik atau teratur.

Jika kita ingin sehat awet muda, terhindar dari berbagai macam penyakit sampai usia maka kita harus memperhatikan pola makan yang teratur dan sehat. Komposisi yang sehat bagi orang dewasa adalah karbohidrat sebesar 60-70%, lemak sebesar 20-25%, protein sebesar 10-15% ditambah beberapa vitamin dan mineral.

g.  Hidup Sehat dan Bahagia.

Cantik dan awet muda nya seseora ng tergantung dari 2 hal yaitu genetika dan gaya hidup .

Bisa saja kita kelhatan awet muda dengan penggunaan dengan berbagai penggunaan alat modern , tapi kalo kita sakit misalnya mengidap penyakit kanker karena gaya hidup tidak sehat. Itu hanya lah awet muda yang semu karenakita tetap menanngung beban penyakit.

Karena itu gaya hidup sehat seperti yang di sebutkan diatas sangat perlu untuk dijaga dan di amalkan secara istiqomah.

Baca juga :

Tips khusus cantik dan awet muda klik disini





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar